Diary Fara

Ibadah Saat Ada Butuhnya Saja?

Suatu hari teman saya, sebut saja A, dalam keadaan berwudhu berjalan menuju mushola, kemudian seorang teman lainnya, katakanlah dia B, bergumam, “tumben banget lo sholat!”

Dengan senyum A menjawab “iya nih lagi sulit hidup gue, banyak kebutuhan..”. Lalu dengan tawa mengejek B menimpali “kafir lo, ibadah kalo ada butuhnya aja!”.

A tertawa begitu saja sambil berlalu, tapi saya yang mendengar percakapan itu merasa cukup kesal.

ibadah sholat

Dimana sih letak kesalahannya? Bukankah justru baik, apabila seseorang sedang banyak kebutuhan, keinginan ataupun dalam kesulitan yang ia cari adalah Tuhan? Bagi saya pribadi, itu adalah bentuk kesadaran diri. Dimana seorang manusia sadar bahwa hanya Tuhanlah tempat ia meminta, bahwa hanya Tuhanlah satu-satunya yang dapat menolong, yang dapat dijadikan tempat bersandar dan berharap. Suatu bentuk kesadaran diri, bahwa manusia adalah makhluk yang lemah dan butuh bantuan dari yang lebih superior, yaitu Tuhan.

Bukankah telah disebutkan dalam bait surat Al-fatihah yang kita ucap berulang kali setiap sholat,

alfatihah

 

Hanya Engkaulah yang kami sembah  dan hanya kepada Engkaulah kami meminta pertolongan.

pray 2

WHEN LIFE GETS HARD, PRAY MORE!

Bisa saja kan, seseorang yang awalnya hanya bersujud kala butuhnya saja, selanjutnya  merasa sujud adalah kebutuhannya. Jadi tak ada salahnya dong, meminta pertolongan pada Tuhan pada saat kesulitan. Justru akan sangat sombonglah seseorang yang bahkan dalam keadaan kesulitan tidak mau meminta dan memohon pada yang paling baik memberi pertolongan.

Akhir kata, mari semangat beribadah! Dalam keadaan seperti apapun, saat senang dan bahagia, terlebih saat sulit dan menderita. Semoga Allah, memberikan kemudahan untuk kita semua. Aamin.

Sebagaimana janjinya,

al insyirah arti

“Karena sesungguhnya, sesudah kesulitan itu ada kemudahan. Sesungguhnya, sesudah kesulitan itu ada kemudahan.” – (QS.94:5-6)

Pray Hardest when it’s hardest to pray!

Jakarta, 24 Juni 2017

 

Faragandi

Diary Fara untuk kegiatan menulis :

1 minggu 1 cerita

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s